Pentingnya Spooring dan Balancing pada Roda

Pernahkan Anda merasakan suatu guncangan hebat dalam mobil setelah berpapasan dengan bus atau mobil besar lainnya pada kecepatan tinggi. Sebagian orang meduga kalau efek limbung yang terjadi itu disebabkan oleh kecilnya ukuran mobil yang kita naiki.

MASALAH PADA MESIN MOBIL

GPada mobil bermesin injeksi (EFI) umumnya menyertakan indikator Check Engine pada panel dashboard. Jika lampu indikator tersebut tetap menyala sekalipun mesin sudah hidup, menandakan adanya masalah pada mesin atau sistem pendukung lainnya.

Sistem Pengapian CDI

Sistem pengapian kondensator (kapasitor) atau CDI (Capacitor Discharge Ignition) merupakan salah satu jenis sistem pengapian pada kendaraan bermotor yang memanfaatkan arus pengosongan muatan (discharge current) dari kondensator, guna mencatudaya Kumparan pengapian (ignition coil).

Prinsip Dasar Transmisi Otomatis

Prinsip dari penggandaan torsi Jika diberi pengarah (duct), udara akan melalui kipas B dan kembali melalui kipas A dari arah belakang lewat pengarah, seperti ilustrasi. Energi yang tertinggal pada udara setelah melalui kipas B akan membantu kisi kipas A berputar.

TOYOTA SAFETY CONNECT

Jakarta - Niat Toyota untuk membuat konsumennya selalu merasa aman saat berkendara dibuktikan dengan kehadiran teknologi Toyota Safety Connect. Teknologi yang memungkinkan pertukaran informasi seputar kendaraan.

Kamis, 30 Juni 2011

Kunjungan Ke Taruna Motor Pati

Senin, 27 Juni 2011

Ten Tips for Finding Cheap Airline Tickets

  1.  The best way to find cheap flights is to avoid high season travel times. For example, go to Europe in spring or fall but not in summer.
  2. If you must book during peak travel times do book on standard holidays like Christmas and Thanksgiving. New Year's Day morning flights are often the best deals around!
  3. Shop online and spend some time to find a cheap flight! Use our search engine on the left to compare travel websites.
  4. Sign up for frequent flyer programs and e-mail alerts. Most airlines often send out promotional deals, and some of those tickets are absolute steals like $59 each way on JetBlue.
  5. Use frequent flyer points and transfer points from your credit card to get free or very cheap airline tickets. This takes a bit of planning, but if you are making a big purchase anyway think about putting it on your credit card during one of their points promotions and then transferring those points over to your frequent flyers program.
  6. Look for last-minute deals. Timing and luck are involved in booking last-minute travel. Last-minute travel is fabulous if you have friends and family to stay with at your destination.
  7. Look for great promotional vacation package deals that include airfare, car rental and hotel room. Sometimes bundling can cut your total trip costs by as much as half.
  8. Be flexible so that you can take advantage of overbooked flights. Airlines often overbook flights and need volunteers to give up their seats. Check in with the gate attendant ASAP and tell her you are willing to take this option as long as get a free plane ticket in return!
  9. Look for alternative locations. While surfing the travel websites, look at all the surrounding airports in a region to find cheap flights. For example, fly into Long Beach instead of LAX and fly into Oakland instead of San Francisco.
  10. Book local travel in Europe, Asia and South America separately rather than through your international U.S. carrier. Doing this takes some research and language skills but using regional air and train is usually cheaper and a whole lot more fun. Extra hint: Check baggage restrictions!

Tips Menyembuhkan Liver


Penyembuhan terhadap penyakit liver bisa dilakukan dengan menggunakan tumbuhan alami seperti Terung Pokak. Terung Pokak ini ialah sejenis sayuran yang memiliki buah berwarna hijau seukuran gundu ( kelereng ).
Buah terung pokak ini biasanya dikonsumsi sebagai lalapan tapi kini anda bisa memanfaatkannya sebagai alternatif pengobatan penyakit liver.
Cara mengkonsumsi terung pokak :
1.    Ambil akar terung pokak dan cucilah sampai benar benar bersih.
2.    Lalu jemurlah akar tersebut sampai kering
3.    Setelah kering akar dipotong potong sepanjang + 15 cm
4.    Ambil 20 potong akar, campurkan dengan air 2,5 liter dan rebus sampai air tersisa menjadi  +  2 Liter
5.    Endapkan air yang sudah direbus lalu disaring
6.    Minumlah air rebusan yang sudah disaring itu dan jadikan minuman sehari hari

Manfaat Terapi Air Putih


Air adalah anugrah berlimpah yang diberikan Tuhan untuk kita dan kita tahu bahwa air sangatlah penting dalam kehidupan kita sehari hari. Mulai dari kebutuhan rumah tangga sampai dengan kebutuhan industri semua tidak terlepas dari air.
Selain itu air putih dapat dijadikan media pengobatan untuk beberapa penyakit. Jadi bagi anda yang menderita salah satu penyakit di bawah ini, anda bisa melakukan terapi air putih untuk penyembuhannya.
Lakukan terapi air putih ini 3 kali sehari yaitu pagi, siang dan malam, satu jam sebelm makan, selama 1 minggu. Setelah itu lakukan 2 kali sehari sampai penyakitnya sembuh.
Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan terapi air putih :
1.    Batuk,
2.    Radang Tenggorokan
3.    Mabuk, pusing
4.    Ambien
5.    Sembelit
6.    Kurang darah
7.    Sakit Mata
8.    Rematik
9.    Mencret
10.    Haid tidak teratur
11.    Asma
12.    Darah tinggi

Tips Mencegah dan Mengatasi stroke

Stroke saat ini banyak menyerang masyarakat perkotaan. Hal ini terjadi karena pola hidup yang tidak sehat dan tidak teratur. Stress adalah faktor terbanyak yang menjadi penyebab terjadinya stroke. Anda harus bijak dalam menangani stress dan jangan merokok.
Pemicu terjadinya stroke adalah karena adanya gumpalan darah, Untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah disarankan untuk mengkonsumsi kunyit secara berkala karena kunyit mengandung anti inflammatory dan antioksidan yang bisa membantu  menurunkan resiko terkena stroke.
Beberapa tips mencegah stroke :
1.    Atur pola makan yang sehat, perbanyak konsumsi makanan dan minuman alami seperti ikan, tomat, apel, jeruk dan sayuran berserat tinggi dan minum air putih yang banyak
2.    Lakukan Olah Raga kesukaan anda secara rutin dan teratur
3.    Jangan merokok ( berhentilah merokok )
4.    Kontrol secara rutin  tekanan darah dan kolesterol.

Tips Mengatasi Darah Rendah


Penyakit darah rendah bisa menyerang siapa saja, penyakit darah rendah ini dapat menyebabkan seseorang pingsan secara mendadak dan juga bisa menyebabkan jantung lemah, tetapi penyakit ini tidak menyebabkan stroke seperti darah tinggi.
Berikut cara mengatasi darah rendah :
1.    Ambil dua potong daging sapi segar
2.    Cincang jahe dan campurkan ke daging, lalu beri  garam dan air
3.    Rebus / kukus campuran daging diatas sampai matang
4.    Ambil air kaldunya lalu diminum
Disarankan untuk minum air kaldu tersebut selama satu minggu  agar kondisi darah bisa kembali menjadi normal.

Tips Menurunkan kadar gula dalam darah


Diabetes atau juga dikenal dengan kata kencing manis adalah penyakit yang terjadi sebagai akibat dari masalah produksi  dan pemanfaatn insulin dalam tubuh seseorang. Insulin ini diproduksi  oleh pankreas.
Saat sesorang terkena diabetes, itu berarti pankreas tidak bisa memproduksi  insulin yang dibutuhkan atau karena tubuh tidak bisa menggunakan insulin sendiri secara efektif. Dan ini mengakibat kenaikan jumlah glukosa dalam darah.
Berikut tips menurunkan kadar gula dalam darah :
1.    Lakukan pola hidup sehat dengan mengatur makanan dan minuman serta berolah raga secara rutin dan teratur
2.    Ambil  1-2 buah OKRA ( terong India ) lalu cuci sampai bersih
3.    Potong tipis tipis okra tersebut lalu masukan ke dalam gelas
4.    Masukan air minum  ke gelas tadi dan rendam selama  3 jam. ( jangan menggunakan air panas atau air es )
5.    Setelah 3 jam saring dan minumlah air yang sudah di saring .
6.    Rendam kembali okra  tadi selama 3 Jam lagi , lalu saring dan minum lagi.
Sebelum anda mengonsumsi air yang sudah direndam dengan OKRA, sebaiknya anda periksakan dulu kadar dula anda. Lakukan terapi ini selama 2 minggu, sehari 2 kali. Dan setelah 2 minggu periksa kembali kadar gula anda.  OKRA bisa anda dapat di supermarkert.

Tentang Saya

Nama saya cukup singkat yaitu : Lukman, saya lahir tanggal 24 Februari 1977, di desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.
Latar belakang pendidikan terakhir saya lulus dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS Solo Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Tahun 2000.
Riwayat pekerjaan saya, tahun 2000 s/d 2001 saya mengajar di SMK Muhammadiyah 04 Boyolali, kemudian tahun 2001 s/d sekarang saya mengajar di SMK Muhammaiyah Kudus.
Tentang keluarga, saya menikah tahun 2001 dengan Elmi Rahmawati dan alhamdulillah sekarang saya sudah dikaruniai 3 orang anak, semoga menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah.....

How To Learn English


Here are some tips which may help you to master the English Language!

Speak without Fear

The biggest problem most people face in learning a new language is their own fear.  They worry that they won’t say things correctly or that they will look stupid so they don’t talk at all.  Don’t do this.  The fastest way to learn anything is to do it – again and again until you get it right.  Like anything, learning English requires practice.  Don’t let a little fear stop you from getting what you want. 

Use all of your Resources

Even if you study English at a language school it doesn’t mean you can’t learn outside of class.  Using as many different sources, methods and tools as possible, will allow you to learn faster.  There are many different ways you can improve your English, so don’t limit yourself to only one or two.  The internet is a fantastic resource for virtually anything, but for the language learner it's perfect.

Surround Yourself with English

The absolute best way to learn English is to surround yourself with it.  Take notes in English, put English books around your room, listen to English language radio broadcasts, watch English news, movies and television.  Speak English with your friends whenever you can. The more English material that you have around you, the faster you will learn and the more likely it is that you will begin “thinking in English.” .

Listen to Native Speakers as Much as Possible

There are some good English teachers that have had to learn English as a second language before they could teach it.  However, there are several  reasons why many of the best schools prefer to hire native English speakers. One of the reasons is that native speakers have a natural flow to their speech that students of English should try to imitate.  The closer ESL / EFL students can get to this rhythm or flow, the more convincing and comfortable they will become. 

Watch English Films and Television

This is not only a fun way to learn but it is also very effective.  By watching English films (especially those with English subtitles) you can expand your vocabulary and hear the flow of speech from the actors.  If you listen to the news you can also hear different accents.

Listen to English Music

Music can be a very effective method of learning English.  In fact, it is often used as a way of improving comprehension.  The best way to learn though, is to get the lyrics (words) to the songs you are listening to and try to read them as the artist sings.  There are several good internet sites where one can find the words for most songs. This way you can practice your listening and reading at the same time.  And if you like to sing, fine.

Study As Often As Possible!

Only by studying things like grammar and vocabulary and doing exercises, can you really improve your knowledge of any language. 

Do Exercises and Take Tests

Many people think that exercises and tests aren't much fun.  However, by completing exercises and taking tests you can really improve your English. One of the best reasons for doing lots of exercises and tests is that they give you a benchmark to compare your future results with.  Often, it is by comparing your score on a test you took yesterday with one you took a month or six months ago that you realize just how much you have learned.  If you never test yourself, you will never know how much you are progressing. Start now by doing some of the many exercises and tests on this site, and return in a few days to see what you've learned. Keep doing this and you really will make some progress with English.

Record Yourself

Nobody likes to hear their own voice on tape but like tests, it is good to compare your tapes from time to time.  You may be so impressed with the progress you are making that you may not mind the sound of your voice as much.

Listen to English

By this, we mean, speak on the phone or listen to radio broadcasts, audiobooks or CDs in English. This is different than watching the television or films because you can’t see the person that is speaking to you.  Many learners of English say that speaking on the phone is one of the most difficult things that they do and the only way to improve is to practice.

Finally

Have fun!

Minggu, 26 Juni 2011

RANGKAIAN KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN MOBIL INJECTION DAN MOBIL KARBURATOR

KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN MOBIL 


Daftar Komponen :

-  Accu/Aki
-  Alternator/Dinamo Amper
-  Busi ( Busi Kepala kecil dan Busi Kepala besar)
-  Kabel Busi ( Mobil Timor Mazda Fordlaser Hyundai Kia )
-  Cap Delco
-  Cap Delco Dalam ( fungsinya hanya buat penutup supaya air dan kotoran tidak masuk )
-  Rotor Delco
-  Platina Mobil
-  Condensor Delco
-  CDI , posisinya di dalam Delco ( Ada yang bisa diganti CDI nya saja dan ada yang Assy satu delco)
-  COIL ( Coil Delco Luar ada Coil Delco Dalam )
-  Relay Main Engine
-  Skring
-  Sensor-Sensor ( Terutama Sensor Camshaft atau sensor Hall)
-  Komputer/ECU Mobil



PENYEBAB MOBIL TERBAKAR-KAP MESIN MENGELUARKAN ASAP :



1. Kabel terkelupas. Bisa jadi biang pemantik api. Kondisi mobil yang tidak stabil membuat kabel yang sudah getas saling bergesekan. Ciri khasnya, ada aroma bau sangit. Bila sudah tercium, segera pinggirkan kendaraan.

2. Kabel paralel bertumpuk pada aki. Biasanya kabel paralel pada aki suka tidak kencang pengikatannya (baut), sehingga korsleting kerap terjadi. Biar aman, soket kabel atau baut pada pada aki acap diperiksa.

3. Besar kabel tidak sesuai. Kabel sangat riskan jika tidak menggunakan tipe yang tepat. Karena setrum kabel mempunyai daya yang berbeda. Akibat salah mengaplikasi, kabel bisa memuai dan api dapat menjalar ke seluruh bagian mobil.

4. Selang bensin bocor. Terutama untuk mobil yang sudah punya umur. Selang bensin cuma bermaterial serat kain, jadi gampang getas atau robek.

5. Karburator. Untuk mobil yang masih menggunakan karburator, jangnan menggunakan air filternya yang terbuka. Hawa bensin terkadar tembus melewati celah-celah kecil dari boks air filter. Bahayanya, ada kabel yang lecet dan bergesekan trus terkena hawa bensin.

6. Pipa knalpot bocor. Terutama yang melewati di bawa tangki bensin. Karena terkena hawa panas, bensin ikutan mennguap. Secara tidak  langsung bisa juga terbakar, walau membutuhkan waktu lama.

7. Oli bocor. Mobil yang telah mengalami upgrade mesin, penggunaan wraping (pembungkus antipanas) pada header memang wajib. Tapi teliti apakah ada cipratan oli dari blok mesin atau bagian lain yang dekat dengan header atau knalpot.

8.Mesin upgrade. Mobil yang mesin sudah dimodifikasi, pakai selang bensin berkualitas. Apalagi bahan bakarnya bensol, sebaiknya pakai selang yang breanded dengnan serat karbon atau baja.

9. O-Ring injektor. Karet atau selang o-ring injektor harus fleksibel. Jika sudah keras, cepat ganti untuk mencegah kebocoran.

10. Setrum kabel busi bocor. Sangat riskan menimbulkan percikan api, jika terkena tetesan bensin. Sekali sentuh saja, tangan bisa kesetrum hebat. Apalagi ada uap bensin. ( otomotif.kompas.com )

Sabtu, 25 Juni 2011

Mengenal Cara Kerja Mesin 4 Tak

LANGKAH HISAP

Langkah Hisap
Four stroke engine adalah sebuah mesin dimana untuk menghasilkan sebuah tenaga memerlukan empat proses langkah naik-turun piston, dua kali rotasi kruk as, dan satu putaran noken as (camshaft).
Empat proses tersebut terbagi dalam siklus :
Langkah hisap : Bertujuan untuk memasukkan kabut udara – bahan bakar ke dalam silinder. Sebagaimana tenaga mesin diproduksi tergantung dari jumlah bahan-bakar yang terbakar selama proses pembakaran.
Prosesnya adalah ;
  1. Piston bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) menuju Titik Mati Bawah (TMB).
  2. Klep inlet terbuka, bahan bakar masuk ke silinder
  3. Kruk As berputar 180 derajat
  4. Noken As berputar 90 derajat
  5. Tekanan negatif piston menghisap kabut udara-bahan bakar masuk ke silinder
LANGKAH KOMPRESI


Langkah Kompresi
Dimulai saat klep inlet menutup dan piston terdorong ke arah ruang bakar akibat momentum dari kruk as dan flywheel.
Tujuan dari langkah kompresi adalah untuk meningkatkan temperatur sehingga campuran udara-bahan bakar dapat bersenyawa. Rasio kompresi ini juga nantinya berhubungan erat dengan produksi tenaga.
Prosesnya sebagai berikut :
  1. Piston bergerak kembali dari TMB ke TMA
  2. Klep In menutup, Klep Ex tetap tertutup
  3. Bahan Bakar termampatkan ke dalam kubah pembakaran (combustion chamber)
  4. Sekitar 15 derajat sebelum TMA , busi mulai menyalakan bunga api dan memulai proses pembakaran
  5. Kruk as mencapai satu rotasi penuh (360 derajat)
  6. Noken as mencapai 180 derajat
LANGKAH TENAGA


Langkah Tenaga
Dimulai ketika campuran udara/bahan-bakar dinyalakan oleh busi. Dengan cepat campuran yang terbakar ini merambat dan terjadilah ledakan yang tertahan oleh dinding kepala silinder sehingga menimbulkan tendangan balik bertekanan tinggi yang mendorong piston turun ke silinder bore. Gerakan linier dari piston ini dirubah menjadi gerak rotasi oleh kruk as. Enersi rotasi diteruskan sebagai momentum menuju flywheel yang bukan hanya menghasilkan tenaga, counter balance weight pada kruk as membantu piston melakukan siklus berikutnya.
Prosesnya sebagai berikut :
  1. Ledakan tercipta secara sempurna di ruang bakar
  2. Piston terlempar dari TMA menuju TMB
  3. Klep inlet menutup penuh, sedangkan menjelang akhir langkah usaha klep buang mulai sedikit terbuka.
  4. Terjadi transformasi energi gerak bolak-balik piston menjadi energi rotasi kruk as
  5. Putaran Kruk As mencapai 540 derajat
  6. Putaran Noken As 270 derajat
LANGKAH BUANG

Langkah Buang
Langkah buang menjadi sangat penting untuk menghasilkan operasi kinerja mesin yang lembut dan efisien. Piston bergerak mendorong gas sisa pembakaran keluar dari silinder menuju pipa knalpot. Proses ini harus dilakukan dengan total, dikarenakan sedikit saja terdapat gas sisa pembakaran yang tercampur bersama pemasukkan gas baru akan mereduksi potensial tenaga yang dihasilkan.
Prosesnya adalah :
  1. Counter balance weight pada kruk as memberikan gaya normal untuk menggerakkan piston dari TMB ke TMA
  2. Klep Ex terbuka Sempurna, Klep Inlet menutup penuh
  3. Gas sisa hasil pembakaran didesak keluar oleh piston melalui port exhaust menuju knalpot
  4. Kruk as melakukan 2 rotasi penuh (720 derajat)
  5. Noken as menyelesaikan 1 rotasi penuh (360 derajat)
FINISHING PENTING — OVERLAPING
Overlap adalah sebuah kondisi dimana kedua klep intake dan out berada dalam possisi sedikit terbuka pada akhir langkah buang hingga awal langkah hisap.
Berfungsi untuk efisiensi kinerja dalam mesin pembakaran dalam. Adanya hambatan dari kinerja mekanis klep dan inersia udara di dalam manifold, maka sangat diperlukan untuk mulai membuka klep masuk sebelum piston mencapai TMA di akhir langkah buang untuk mempersiapkan langkah hisap. Dengan tujuan untuk menyisihkan semua gas sisa pembakaran, klep buang tetap terbuka hingga setelah TMA. Derajat overlaping sangat tergantung dari desain mesin dan seberapa cepat mesin ini ingin bekerja.
manfaat dari proses overlaping :
  1. Sebagai pembilasan ruang bakar, piston, silinder dari sisa-sisa pembakaran
  2. Pendinginan suhu di ruang bakar
  3. Membantu exhasut scavanging (pelepasan gas buang)
  4. memaksimalkan proses pemasukkan bahan-bakar
Demikian penjelasan cara kerja mesin 4 tak, mudah-mudahan bermanfaat.

Kamis, 23 Juni 2011

MASALAH PADA MESIN MOBIL

MASALAH YANG BIASA TERJADI PADA MESIN MOBIL BENSIN :



Pada mobil bermesin injeksi (EFI) umumnya menyertakan indikator Check Engine pada panel dashboard. Jika lampu indikator tersebut tetap menyala sekalipun mesin sudah hidup, menandakan adanya masalah pada mesin atau sistem pendukung lainnya.


Masalah pada mesin dapat beragam, namun kita dapat mengalokasikan apa saja yang mungkin menjadi penyebab masalah tersebut, sehingga dapat kita perbaiki dengan tepat dan cepat.

Bengkel Resmi dan Non-Resmi pun bisa salah dalam mendiagnosa masalah pada mesin kita, hal ini membuat besarnya biaya yang dikeluarkan akibat dari pergantian komponen yang tidak tepat, bahkan terkesan tebak-tebakan saja.

Bunyi tik-tik-tik dari mesin:
·                     Setelan klep (valve) yang tidak tepat (terlalu renggang)
·                     Hydraulic Valve Adjuster bermasalah
·                     Lobes pada CamShaft sudah ada yang rusak
·                     Rocker Arm bermasalah
·                     Pemakaian oli yang tidak tepat / tidak cocok

Lampu OIL Pressure menyala saat mesin hidup:
·                     Jumlah oli pada mesin kurang, atau oli tidak cocok.
·                     Sensor tekanan oli bermasalah
·                     Pompa oli bermasalah
·                     Panas yang berlebihan di dalam mesin
·                     Katup Oil Pressure Relief rusak
·                     Filter Oli bermasalah
·                     Saringan oli pada ruang karter kotor/mampet.


Mesin tidak dapat berputar ketika dicoba dihidupkan:
·                     Terminal Accu kendur atau korosi
·                     Tegangan Accu kurang atau accu rusak/mati
·                     Jalur kelistrikan untuk Starter terputus
·                     Kunci Kontak bermasalah
·                     Motor starter bermasalah
·                     Gigi motor starter atau FlyWheel ada yang patah
·                     Saluran Ground/Negatif Accu ke Mesin terganggu/lepas


Terdengar suara mendesis pada mesin:
·                     Kebocoran pada inlet manifold atau gasket throttle body
·                     Kebocoran pada gasket Exhaust Manifold
·                     Kebocoran selang vacuum
·                     Kebocoran pada gasket Cylinder Head (robek/terbakar/patah)


Mesin dapat berputar, tapi tidak mau hidup:
·                     Bensin habis/kosong
·Accu soak (mesin berputar sangat pelan)
·                     Kabel Accu kendur/korosi
·                     Komponen pengapian bermasalah
·                     Jalur kelistrikan untuk pengapian terganggu/lepas/rusak
·                     Busi rusak atau gap busi tidak tepat
·                     Choke bermasalah
·                     Sistem penyaluran bahan bakar (Fuel Injection) bermasalah
·                     Masalah mekanik (sensor kruk as rusak, timing belt putus, dll)



Mesin susah dihidupkan saat masih dingin:
·                     Accu kosong/tegangan kurang
·                     Terminal Accu kendur / korosi
·                     Busi rusak, setelah gap tidak tepat
·                     Choke bermasalah
·                     Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah
·                     Permasalahan pada pengapian
·                     Kompresi silinder rendah
·                     Fuel Pressure Regulator bermasalah

 Mesin susah dinyalakan saat mesin panas:
·                     Filter udara kotor/mampet
·                     Choke bermasalah
·                     Permasalahan sistem injeksi (fuel injection)
·                     Kompresi silinder rendah.

Motor starter berisik / kasar saat distarter:
·                     Gigi pinion starter/ flywheel patah.
·                     Baut dudukan motor starter lepas atau hilang.
·                     Komponen di dalam motor starter rusak/aus.
Mesin tersendat/tertahan saat akselerasi
·                     Busi rusak/setelah gap tidak tepat
·                     Kebocoran Vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atau selang-selang vacuum lainnya.
·                     Karburator bermasalah
·                     Sistem injeksi (fuel injection) bermasalah


Mesin berguncang (stall):
·                     Kebocoran Vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atau selang-selang vacuum lainnya.
·                     Filter bensin mampet
·                     Fuel Pump bermasalah, supply dan tekanan bensin rendah
·                     Ventilasi tangki bensin tersumbat atau pipa/saluran bensin tersumbat/terjepit
·                     Karburator bermasalah
·                     Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah
            
Mesin kehilangan tenaga:
·                     Pemasangan timing belt yang tidak tepat
·                     Filter bensin tersumbat/mampet
·                     Fuel Pump bermasalah, supply dan tekanan bensin rendah
·                     Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah
·                     Busi rusak/ gap busi tidak tepat
·                     Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
·                     Karburator bermasalah
·                     Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah
·                     Rem mengunci
·                     Kopling slip (habis)
    
Mesin Backfire (nembak-nembak):
·                     Pemasangan Timing Belt tidak tepat
·                     Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
·                     Karburator bermasalah
·                     Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.
·                     Sistem Pengapian bermasalah (kabel busi terbalik urutannya)
                   
Mesin mau hidup, tapi kemudian mati lagi:
·                     Ada permasalahan pelistrikan pada rangkaian pengapian.
·                     Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
·                     Karburator bermasalah
·                     Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.

Idle/Langsam tidak rata:
·                     Penyetelan idle speed yang tidak tepat.
·                     Filter udara kotor
·                     Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
·                     Busi rusak/ gap busi tidak tepat
·                     Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah
·                     Lobes pada CamShaft sudah ada yang rusak
·                     Pemasangan Timing Belt tidak tepat
·                     Karburator bermasalah
·                     Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.
Mesin mengalami misfire saat idle/langsam:
·                     Busi rusak/ gap busi tidak tepat
·                     Kabel busi bermasalah
·                     Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
·                     Karburator bermasalah
·                     Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.
·                     Distributor Cap retak atau aus
·                     Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah
·                     Kabel ground tidak baik/terputus
·                     Kebocoran selang ventilasi mesin (crankcase ventilation hose)

Mesin mengalami misfire sepanjang perjalanan:
·                     Filter bensin mampet/kotor
·                     Fuel Pump bermasalah, supply dan tekanan bensin rendah
·                     Ventilasi tangki bensin tersumbat atau pipa/saluran bensin tersumbat/terjepit
·                     Busi rusak/ gap busi tidak tepat
·                     Distributor Cap retak atau aus
·                     Kabel busi bermasalah
·                     Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah
·                     Ignition Coil bermasalah
·                     Karburator bermasalah
·                     Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.

Mesin tetap hidup sekalipun kunci kontak sudah dimatikan:
·                     Terlalu banyak tumpukan karbon pada ruang bakar (silinder)
·                     Mesin terlalu lama dijalankan pada suhu yang tinggi.
·                     Solenoid Karburator bermasalah
·                     Kunci kontak bermasalah
Mesin ngelitik saat akselerasi / menanjak:
·                     Timing pengapian tidak tepat
·                     Masalah pada sistem pengapian
·                     Busi rusak/ gap busi tidak tepat
·                     Salah pakai jenis bensin (oktan terlalu rendah)
·                     Terlalu banyak tumpukan karbon pada ruang bakar (silinder)
·                     Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.
·                     Karburator bermasalah
·                     Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.
·                      

Apa yang perlu diperiksa?

SISTEM INJEKSI (FUEL INJECTION):

Fuel Injector:
·                     umumnya memiliki resistansi 10-30 ohm, jika kurang atau lebih = injector bermasalah.
·                     bersihkan injector dengan Injector Cleaner atau dengan mesin Ultrasonic Injector Cleaner, hingga kualitas semprotan untuk semua injector sama.
·                      
·                     periksa tekanan bensin yang dihasilkan Fuelpump dengan alat Fuel Pressure Gauge, umumnya berkisar sekitar 3 BAR.
·                     periksa kondisi saringan/filter kecil yang ada di dalam tangki (umumnya menempel pada fuelpump).
·                     periksa kondisi relay dan sikring Fuel Pump.
·                     periksa kondisi pelistrikan (kabel dan socket) Fuel Pump.

Filter Bensin:
·                     Bersihkan filter bensin atau ganti baru.
·                     Pastikan klem selang bensin terpasang dengan baik.

Fuel Pressure Regulator:
·                     Pastikan kondisi selang vacuum terpasang dengan baik dan tidak bocor.
·                     Pastikan tidak ada kebocoran bensin pada Fuel Pressure Regulator
                  

SITEM PENGAPIAN

Busi:
·                     Gunakan tipe busi yang tepat sesuai anjuran buku manual.
·                     Atur celah (gap) busi dengan tepat sesuai anjuran buku manual.

Kabel Busi Mobil :
·                     Periksa nilai resistansi masing-masing kabel busi, nilai resistansi harus mendekati satu sama lain (semakin panjang kabel busi, semakin besar nilai resistansinya)
·                     Periksa kabel busi dari sobek dan retak, yang menyebabkan kebocoran listrik.
·                      
·                     Periksa kondisi fisiknya, jangan sampai ada yang retak atau pecah
·                     Periksa resistansi antara terminal primer dan sekunder. Umumnya resistansi antar terminal primer ( + dan – ) berkisar antara 0.5ohm – 6 ohm. Sedangkan resistansi antara terminal + dan – terhadap terminal sekunder (output coil) adalah berkisar antara 4kOhm – 25kOhm.

Distributor Cap / Rotor:
·                     Periksa kondisi dari retak dan pecah.
·                     Periksa kondisi terminal rotor dari aus/rusak.
·                     Periksa kondisi dan gap platina / trigger CDI
·                     Periksa kondisi Crankshaft Sensor (TD Sensor)
·                     Periksa kondisi Cam Position Sensor
·                     Periksa kondisi Cylinder Position Ignition Sensor (biasanya menempel pada kabel busi)
·                     Periksa Power Transistor yang terhubung ke Coil.
          

SALURAN UDARA

Filter Udara:
·                     Pastikan kondisi filter udara dalam keadaan bersih
·                     Pastikan box filter udara terpasang dengan baik

Selang Intake / Intake /throttle body Hose:
·                     Pastikan tidak ada kebocoran pada intake / throttle body hose.
·                     Pastikan hose terpasang dengan baik dan rapat.

Intake Sensor:
·                     Periksa kondisi Air Flow / MAF sensor
·                     Periksa kondisi Intake Air Temperature Sensor

Selang Vacuum:
·                     Periksa seluruh selang vacuum dari kebocoran atau terjepit.

Sumber : http://www.he-great.co.cc

Share

Twitter Facebook Digg Stumbleupon Favorites More