Pentingnya Spooring dan Balancing pada Roda

Pernahkan Anda merasakan suatu guncangan hebat dalam mobil setelah berpapasan dengan bus atau mobil besar lainnya pada kecepatan tinggi. Sebagian orang meduga kalau efek limbung yang terjadi itu disebabkan oleh kecilnya ukuran mobil yang kita naiki.

MASALAH PADA MESIN MOBIL

GPada mobil bermesin injeksi (EFI) umumnya menyertakan indikator Check Engine pada panel dashboard. Jika lampu indikator tersebut tetap menyala sekalipun mesin sudah hidup, menandakan adanya masalah pada mesin atau sistem pendukung lainnya.

Sistem Pengapian CDI

Sistem pengapian kondensator (kapasitor) atau CDI (Capacitor Discharge Ignition) merupakan salah satu jenis sistem pengapian pada kendaraan bermotor yang memanfaatkan arus pengosongan muatan (discharge current) dari kondensator, guna mencatudaya Kumparan pengapian (ignition coil).

Prinsip Dasar Transmisi Otomatis

Prinsip dari penggandaan torsi Jika diberi pengarah (duct), udara akan melalui kipas B dan kembali melalui kipas A dari arah belakang lewat pengarah, seperti ilustrasi. Energi yang tertinggal pada udara setelah melalui kipas B akan membantu kisi kipas A berputar.

TOYOTA SAFETY CONNECT

Jakarta - Niat Toyota untuk membuat konsumennya selalu merasa aman saat berkendara dibuktikan dengan kehadiran teknologi Toyota Safety Connect. Teknologi yang memungkinkan pertukaran informasi seputar kendaraan.

Jumat, 05 Oktober 2012

Tips Pemeriksaan Rantai Sepeda Motor


Rantai sepeda motor, oli dan Ban adalah bagian yang krusial/penting dalam berkendaraan yang aman dan nyaman. Rantai bertindak seperti super Hero dalam berkendaraan motor, ia melakukan tugas sulit dalam mentransfer/memindahkan tenaga dari mesin ke penggerak roda dan tanpa inspeksi dan perawatan dapat mengakibatkan kegagalan, kelumpuhan dan bahkan membahayakan nyawa pengendaranya.

Berapa seringkah rantai harus di-inspeksi dan disetel?
Tergantung dari berapa agresifnya Anda berkendara, rantai seharusnya diinspeksi setiap 800 – 1.000 Km atau rata-rata 2 kali sebulan.
Apa yang harus disiapkan saat harus merawat rantai ?
1.  Berbagai ukuran kunci-kunci
2.  Sikat yang lembut atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai
3.  Produk Maintenance, disini kita memakai Produk PRIMO:
      a. PEMBERSIH: PRIMO LUBE-10, tidak berbau nyengat, bening bersih dan tidak membuat lengket
          seperti produk lainnya yang diberi pelumas oli lebih banyak
      b. PELUMAS : Ada 2 pilihan produk PRIMO yaitu :
          - PRIMO SLICK WAX yang lebih tinggi harganya hampir 2 kali lipat, tapi awet lebih dari 3x dengan
            teknologi Wax-nya yang unik dan Anti-Geseknya yang bisa buat kecantol.
          - PRIMO LUBE WAX yang setelah dicoba sudah lebih baik dari produk biasa yang ada di pasaran
            yang pernah saya coba.
4.  Pin pasak yang baru (diperlukan jika menyetel tegangan rantai)
5.  Kain lap (untuk mengelap bekas kotoran yang meleleh atau di sekitar rantai)
6.  Pemukul/palu karet (tambahan, jika perlu).

Pakai pengukur mistar (atau secara visual mengukur saja), pegang rantai di bagian tengah di antara sprocket depan dan belakang dan tarik ke atas dan ke bawah dan pastikan rantai bergerak sekitar 1 inchi ke atas maupun waktu ke bawah.
Jika rantai bergerak lebih dari 1 inchi ke atas/ke bawah, maka perlu diketatkan. Dan jika terlalu ketat, longgarkan.
Bagaimana meng-inspeksi rantai sprocket?

Menginspeksi sprocket untuk melihat keausan dari dekat; tajamnya gigi akan memberitahukan dengan jelas bagaimana motor tersebut telah dipakai dan dirawat.
Gigi sprocket depan dan belakang adalah indikator yang baik benar tidaknya rantai tersebut disetel atau dirawat. Meng-inspeksi gigi-gigi rantai untuk memastikan apakah saling bertautan satu sama lainnya dengan rantai dengan posisi yang benar. Jika bagian gigi terjadi keausan, kemungkinan besar gigi tidak duduk benar terhadap rantai, jika kondisinya sudah tajam sekali, artinya siap-siap rogoh kocek untuk ganti sprocket yang baru.
Pastikan memakai pembersih yang sesuai untuk o-ring, dan putarlah roda sewaktu menyemprotkan cairan pembersih pada rantai dan sprocket.  Bantu dengan penguasan untuk membersihkan kotoran yang bandel.
Walaupun rantai perlu atau tidak perlu disetel, pastikan rantai Anda senantiasa bersih dan terlumasi dengan baik. Pembersihan adalah untuk menghindarkan kotoran menjadi keras dan menggerus logam sehingga aus.
Kebanyakan rantai modern adalah type o-ring dimana memakai komponen karet dan sensitif terhadap solvent tertentu, pilihlah pembersih yang tepat seperti PRIMO LUBE-10.
Melumasi Rantai dengan produk : PRIMO SLICK WAX atau LUBE WAX

Memakai pelumas yang baik dan benar akan memperpanjang usia rantai secara signifikan
Putar perlahan roda sewaktu menyemprotkan dengan tepat lapisan tipis pelumas pada rantai yang akan meneruskannya pada gigi sprocket. Pastikan semua bagian dilumasi dengan sempurna.
Catatan : Dari hasil uji coba, dibuktikan PRIMO SLICKWAX memiliki keistimewaan yang sangat luar biasa
dalam ketahanan terhadap keausan serta ketahanan terhadap karat pun 3 kali jauh lebih awet.
Bersihkan kotoran atau cairan pelumas yang berlebihan/berlepotan.
Lap dengan kain cairan yang belepotan sehingga rantai dan badan kendaraan terlihat bersih dan enak dipandang. Pastikan semua gigi sprocket dan sambungan rantai bersih.
Menyetel Tegangan Rantai (Hanya Jika Perlu)

Tegangan rantai umumnya ditentukan oleh jarak antara sprocket depan dan belakang dan kebanyakan sepeda motor memiliki angka/ tanda indeks untuk membantu pengaturannya.
Sepeda motor mempunyai perbedaan mekanisme penyesuaian rantai dan umumnya, as roda belakang dan roda diputar-putar kedepan dan kebelakang untuk menyetel tegangan rantai.
Jika tegangan rantai sudah di set benar, maka seharusnya rantai dapat digerakkan ke atas dan ke
bawah dengan jarak diantara 0,75 sampai dengan 1 inchi untuk mengukur tanda kelonggaran rantai yang pas.
Mengencangkan As Roda Belakang

Ketika menggerakkan as roda belakang, pastikan bahwa kedua sisi sudah sejajar/segaris sempurna sebelum dikencangkan, jika tidak dapat menyebabkan keausan baik pada rantai maupun sprocket. Secara merata kencangkan Baut as roda dan sebaiknya ganti pasak pin dengan yang baru.

Share

Twitter Facebook Digg Stumbleupon Favorites More