Senin, 01 Agustus 2011

TANDA TANDA ACCU/AKI MOBIL RUSAK


Akumulator (ACCU, AKI) adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi (umumnya energi listrik) dalam bentuk energi kimia. Contoh-contoh akumulator adalah baterai dan kapasitor.
Pada umumnya di Indonesia, kata akumulator (sebagai aki atau accu) hanya dimengerti sebagai "baterai" mobil. Sedangkan di bahasa Inggris, kata akumulator dapat mengacu kepada baterai, kapasitor, kompulsator, dll.
di dalam standar internasional setiap satu cell akumulator memiliki tegangan sebesar 2 volt. sehingga aki 12 volt, memiliki 6 cell sedangkan aki 24 volt memiliki 12 cell.
Tahukah kalian apakah itu Aki (Accumulator) ? pernahkah kalian melihatnya ? Aki merupakan sel yang banyak kita jumpai karena banyak digunakan pada sepeda motor maupun mobil. Aki temasuk sel sekunder, karena selain menghasilkan arus listrik, aki juga dapat diisi arus listrik kembali. secara sederhana aki merupakan sel yang terdiri dari elektrode Pb sebagai anode dan PbO2 sebagai katode dengan elektrolit H2SO4.  ( wikipedia )

Ciri- Ciri Accu Mobil Rusak/Lemah/Soak :

1. Klakson Lemah
2. Lampu Redup
3. Starter tidak kuat ( Mobil Tidak Bisa Starter/Hidup )
4. Setelah beberapa kali di stater kepala aki tetap dingin.( yahoo)



CARA MERAWAT ACCU/AKI MOBIL

1. Cek air accu secara rutin 1 bulan sekali untuk mobil lama, karena air accu yang kurang dapat menyebabkan umur accu tidak bertahan lama

2. Untuk menambah air accu yang berkurang gunakan air accu biasa, jangan menggunakan air zuur, karena air zuur hanya dipergunakan untuk accu baru yang belum dipakai, penggunaan air zuur pada accu yang telah dipakai justru akan merusak accu tersebut

3. Jangan menambahkan air accu pada saat mobil baru dipakai (dalam keadaan panas) penambahan air accu sebaiknya sebelum mobil dipakai (pagi hari)

4. Bila umur accu mobil anda sudah habis, segera ganti accu mobil anda, karena kinerja accu yang buruk membuat beban dynamo stater menjadi buruk, yang pada akhirnya meruka dynamo stater itu sendiri, kerusakan pada dynamo stater jauh lebih mahal daripada mengganti accu mobil (berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Facebook Digg Stumbleupon Favorites More