Minggu, 26 Juni 2011

RANGKAIAN KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN MOBIL INJECTION DAN MOBIL KARBURATOR

KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN MOBIL 


Daftar Komponen :

-  Accu/Aki
-  Alternator/Dinamo Amper
-  Busi ( Busi Kepala kecil dan Busi Kepala besar)
-  Kabel Busi ( Mobil Timor Mazda Fordlaser Hyundai Kia )
-  Cap Delco
-  Cap Delco Dalam ( fungsinya hanya buat penutup supaya air dan kotoran tidak masuk )
-  Rotor Delco
-  Platina Mobil
-  Condensor Delco
-  CDI , posisinya di dalam Delco ( Ada yang bisa diganti CDI nya saja dan ada yang Assy satu delco)
-  COIL ( Coil Delco Luar ada Coil Delco Dalam )
-  Relay Main Engine
-  Skring
-  Sensor-Sensor ( Terutama Sensor Camshaft atau sensor Hall)
-  Komputer/ECU Mobil



PENYEBAB MOBIL TERBAKAR-KAP MESIN MENGELUARKAN ASAP :



1. Kabel terkelupas. Bisa jadi biang pemantik api. Kondisi mobil yang tidak stabil membuat kabel yang sudah getas saling bergesekan. Ciri khasnya, ada aroma bau sangit. Bila sudah tercium, segera pinggirkan kendaraan.

2. Kabel paralel bertumpuk pada aki. Biasanya kabel paralel pada aki suka tidak kencang pengikatannya (baut), sehingga korsleting kerap terjadi. Biar aman, soket kabel atau baut pada pada aki acap diperiksa.

3. Besar kabel tidak sesuai. Kabel sangat riskan jika tidak menggunakan tipe yang tepat. Karena setrum kabel mempunyai daya yang berbeda. Akibat salah mengaplikasi, kabel bisa memuai dan api dapat menjalar ke seluruh bagian mobil.

4. Selang bensin bocor. Terutama untuk mobil yang sudah punya umur. Selang bensin cuma bermaterial serat kain, jadi gampang getas atau robek.

5. Karburator. Untuk mobil yang masih menggunakan karburator, jangnan menggunakan air filternya yang terbuka. Hawa bensin terkadar tembus melewati celah-celah kecil dari boks air filter. Bahayanya, ada kabel yang lecet dan bergesekan trus terkena hawa bensin.

6. Pipa knalpot bocor. Terutama yang melewati di bawa tangki bensin. Karena terkena hawa panas, bensin ikutan mennguap. Secara tidak  langsung bisa juga terbakar, walau membutuhkan waktu lama.

7. Oli bocor. Mobil yang telah mengalami upgrade mesin, penggunaan wraping (pembungkus antipanas) pada header memang wajib. Tapi teliti apakah ada cipratan oli dari blok mesin atau bagian lain yang dekat dengan header atau knalpot.

8.Mesin upgrade. Mobil yang mesin sudah dimodifikasi, pakai selang bensin berkualitas. Apalagi bahan bakarnya bensol, sebaiknya pakai selang yang breanded dengnan serat karbon atau baja.

9. O-Ring injektor. Karet atau selang o-ring injektor harus fleksibel. Jika sudah keras, cepat ganti untuk mencegah kebocoran.

10. Setrum kabel busi bocor. Sangat riskan menimbulkan percikan api, jika terkena tetesan bensin. Sekali sentuh saja, tangan bisa kesetrum hebat. Apalagi ada uap bensin. ( otomotif.kompas.com )

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Facebook Digg Stumbleupon Favorites More