Sabtu, 30 April 2011

Pengaruh Perkembangan IT terhadap Dunia Pendidikan


Paradigma pendidikan saat ini telah mulai bergeser dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Sebagai pemicu pergeseran itu adalah adanya perkembangan teknologi IT dan pengaruh globalisasi. Dengan pengaruh perkembangan IT dan globalsiasi tersebut, pendidikan di masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dengan alur dua arah, multidisiplin keilmuan dan kompetitif.
Dunia pendidikan pada masa yang akan datang, ada kecenderungan mengarah pada :
1.      Distance Learning yaitu berkembangnya sistem pembelajaran secara terbuka dengan modus belajar jarak jauh.
Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara murid dengan guru, melihat nilai secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal, mengirimkan tugas yang diberikan guru dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat dilakukan.
Faktor utama dalam pembelajaran jarak jauh / distance learning yang selama ini dianggap masalah adalah tidak adanya interaksi antara guru dan murid. Namun, dengan adanya media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi tersebut secara real time (waktu nyata).
2.      Sharing Recources yaitu berbagi informasi dan sumber daya antar lembaga dalam sebuah jaringan.
Dengan adanya perkembangan teknologi informasi pula, maka komunikasi antara lembaga pendidikan dapat berjalan dengan lancar. Sehingga jarak tidak menjadikan masalah untuk berbagi pengetahuan dan informasi. Melalui media internet dengan fasilitas email maupun website, maka suatu lembaga pendidikan bisa melakukan sharing dan informasi lebih cepat dan efisien.
3.   Library and Education Instrument Optimalization yaitu pemberdayaan perpustakaan dan instrument pendidikan di antaranya adalah guru dan laboraturium.
Dalam hal ini, siswa harus bersifat aktif untuk melakukan proses belajar yaitu dengan menjadikan perpustakaan dan guru sebagai sumber informasi yang utama. Sarana belajar yang lain melalui internet hanyalah sarana penunjang. Dengan menggunakan fasilitas internet, dalam bentuk real time dapat dilakukan dengan cara chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting. dapat pula dilakukan dengan cara tidak real time, seperti dengan mailing list, discussion group, newsgroup, dan buletin board. Dengan cara di atas interaksi guru dan murid di kelas mungkin akan tergantikan walaupun tidak 100%.
4. Penggunaan perangkat Teknologi Informasi secara interaktif, seperti berkembangnya Multimedia, data, audio dan video.
Dengan perkembangan teknologi informasi yang menunjang dunia pendidikan. Saat ini telah banyak dibuat media pembelajaran yang lebih praktis, inovatif dan interaktif. Sehingga dapat memudahkan para guru dalam memyampaikan materi pelajaran dan meningkatkan semangat belajar siswa sehingga prestasi siswa diharapkan meningkat.
Dengan menggunakan teknologi informasi,materi materi, ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam web, seperti materi guru dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat di download oleh siswa dimanapun (tidak tergantung pada lokasi). Demikian pula dengan ujian dan kuis yang dibuat oleh guru dapat pula dilakukan dengan cara yang sama. Penyelesaian administrasi juga dapat diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi saja, apalagi di dukung dengan metode pembayaran online yang sekarang mulai marak dikembangkan.
Dengan adanya sistem ini, setidaknya memberikan pencerahan untuk menyambutnya. apakah peran IT yang ada di lembaga pendidikan kita sudah memanfaatkan secara maksimal. Demikian cepat perkembangan yang ada, setidaknya mengikuti bahkan menelorkan ide ide pembaharuan yang inovative dalam pemanfaatan peran IT di dunia pendiikan. semoga bermanfaat.

2 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Facebook Digg Stumbleupon Favorites More