Selasa, 05 Juli 2011

TIPS POWER STEERING/PS MOBIL SELALU SEHAT DAN BERUMUR PANJANG

 POWERSTEERING ( P/S )  MOBIL 

Rangakaian Power Steering Mobil
 1. Posisi Roda Saat Parkir

Pada waktu parkir usahakan roda lurus, karena akan mempengaruhi terhadap jenis Power Steering Rack Pinion (kebanyakan tipe sedan dan Kijang) yang sering terjadi kebocoran. Prosesnya, jika roda tidak lurus anak pelindung As Rack Steer (Bootsteer) satu bagian akan mengembang dan satu bagian lagi akan merapat. Selanjutnya akan terjadi perubahan suhu dari kendaraan/mesin setelah digunakan, secara tidak langsung perubahan suhu ini berpengaruh terhadap Bootsteer. Jika hal ini dilakukan berulang kali makaBootsteer akan cepat robek/alot sehingga air/kotoran debu dapat masuk ke dalamnya sehingga As Rack Steer dan Seal/Gasket hidroliknya akan cepat rusak/aus.



SELANG POWERSTEERING (PS)




2. Cek oli Power Steering

Jika sudah berubah warna segera ganti dengan oli yang baru.
Perubahan warna ini terjadi karena adanya perubahan suhu oli PS. Suhu yang tinggi disebabkan adanya tekanan yang tinggi dari pompa oli. Ditambah adanya pengikisan dari Selang (Hose) yang menghubungkan Pompa dengan sistem hidrolik PS. Kalau hal ini dibiarkan maka akan merusak Seal bagian dalam Pompa oli dan sistem PS juga akan cepat rusak. Disarankan untuk penggantian olie P/S sebaiknya 1 tahun sekali bila tidak ada keluhan lainnya.

3. Saat berbelok atau menikung

Jika pada saat berbelok/menikung diusahakan jangan menahan kemudi dalam posisi terlalu mentok atau patah terlalu lama. Karena ditakutkan akan memberikan efek dorongan yang cukup kuat serta suhu yang tinggi pada satu bagian sisi Rack Pinion Steer, sehingga daya tahan Seal/Gasket PS  yang ada tidak kuat juga dan menyebabkan kebocoran atau jebolnya Seal/Gasket.

4. Onderstel (Kaki-kaki kendaraan)

Pada bagian ini juga memegang peranan penting dalam sistem kemudi PS. Antara Balljoint roda, Tie rod dan Long Tie rod bekerja berkesinambungan dengan sistem PS. Karena Rack Pinion/Worm Steer bekerja bergerak yang kemudian diteruskan gayanya oleh Tie rod atau Balljoint tadi. Sehingga apabila komponen onderstel tersebut bermasalah, kemungkinan besar juga sistem kemudi Power Steeringnya juga akan mengalami masalah. Selain itu yang harus diperhatikan lainnya adalah Onderstel(kaki2)jangan sampai kaku atau berat karena dapat menyebabkan kemudi juga akan terasa berat.

Sumber : Segala hal mengenai Power Steering lengkap silakan anda buka di  ARS94ps.com

Nama-nama Sparepart/Onderdil pada PowerSteering Mobil :

Tabung Pompa Selang SealRack SealPompa AsRack SelangBalik SelangIn SelangOut SelangHighPressureAtas/Bawah  Minyak/Oli  Selang POWERSTEERING ( P/S)



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Facebook Digg Stumbleupon Favorites More